DEBAT PERDANA PILGUB JATIM 2024

Jumat, 18 Oktober 2024




Kemarin berkesempatan menghadiri Media Briefing Debat Pilgub di Graha Unesa Surabaya Senang banget rasanya melihat euforia kesibukan orang-orang mempersiapkan debat ini. Banyak polisi sibuk berjaga-jaga dan pasukan KPU Jatim yang seperti pindahan mempersiapkan ini itu demi suksesnya Debat nanti malam. 

Debat pertama para calon gubernur ini akan dilaksanakan nanti malam Jumat 18 Oktober 2024 pukul 19.30 sampai pukul 21.00 di Graha Unesa Jalan Citra Raya Lakarsantri Lidah Wetan. Tema debat pertama kali ini adalah Tansformasi Sosial dan Peningkatan Produktifitas Sumber Daya Lokal unyuk Kesejahteraan Masyarakat Jawa Timur. 

Tema besar tersebut dibagi ke dalam beberapa subtema, yaitu : 

1. Daya Saing dan Nilai Tambah Ekonomi,

2. Pendidikan,

3. Kesehatan,

4. Demografi, Kemiskinan, dan Kesenjangan,

5. Masyarakat Digital,

6. Ketahanan Sosial, dan

7. Penguatan Budaya dan Identitas Lokal.

Pada acara debat pertama kali ini para paslon akan menggunakan kostum budaya yang ada di Jawa Timur. Seperti kita ketahui Jawa Timur mempunyai banyak budaya seperti Mataraman, Madura dan masih banyak lagi.

Biasanya pemilihan kepala daerah itu diadakan sendiri-sendiri tiap kabupaten, tetapi kali ini akan diadakan serentak pada yanggal 24 November 2024. Udah kebayang perhelatan akbar ini pasti akan sangat mencuri perhatian masyarakat. Mereka harus memilih pemimpin yang terbaik. Yang tak kalah hebohnya tentu pemilihan gubernur karena mereka yang akan memimpin warga Jawa Timur lima tahun kedepan.

Konferensi Press oleh Nur Salam, Komisioner KPU Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilihan dan Partisipasi Masyarakat

Untuk gubernur, ada tiga kandidat yang akan bertarung.  Berikut pasangan calon gubernur yang akan memperebutkan jabatan gubernur Jawa Timur tersebut : 

1. Khofifah Indar Parawansa - Emil Dardak

Pasangan ini didukung oleh 15 partai, antara lain yaitu Gerindra, Golkar, Demokrat, NasDem, PAN, PKS, dan lainnya.

2. Tri Rismaharini - Gus Hans (K.H. Zahrul Azhar Asumta)

Pasangan ini didukung oleh PDIP, Hanura, dan Partai Ummat.

3. Luluk Nur Hamidah - Lukmanul Hakim

Pasangan ini didukung oleh PKB. 

Nur Salam menyampaikan teknis pelaksanaan Debat Malam nanti

Ketiga pasangan ini tampaknya akan bertarung dengan sengit karena masing-masing mempunyai kredibilitas dan pengalaman yang mumpuni.

Debat calon gubernur nanti malam pasti sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat Jawa Timur. Semua pasti sudah tidak sabar menyaksikan para pasangan calon gubernur ini menyampaikan gagasannya.

Pada kesempatan Media Briefing ini juga diumumkan para panelis yang akan bertugas menguji paparan visi misi dan program kerja pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Timur 2024 kali ini. Para Panelis terpilih adalah sebagai berikut : 

1. Prof Dr H Achmad Muhibbin Zuhri, M.Ag (ahli pendidikan agama - Fakultas Tarbiyah & Keguruan UIN Sunan Ampel),

2. Prof Dr Drs Ec.H Muhammad Syarif, M.Si.,CMA.,CRA (ahli Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Trunojoyo Madura),

3. Adhitya Wardhono, S.E.,M.Si.,M.Sc.,PhD (ahli ekonomi pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jember)

4. Dr Sasongko Budisusetyo, CPA.,CPMA (ahli akuntasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hayam Wuruk Perbanas Surabaya),

5. Dr Ahmad Imron Rozuli, SE.,M.Si (ahli sosiologi ekonomi dan kelembagaan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmi Politik Universitas Brawijaya),

6. dr Hidayatullah, Sp.N (ahli kesehatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Ma'arif Hasyim Latif Sidoarjo) dan

7. Dr Rina Wahyu Setyaningrum., M.Ed.(ahli pendidikan bahasa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah  Malang).

Para blogger meramaikan Media Briefing

Dan acara debat publik kali ini yang terbuka untuk masyarakat umum disiarkan secara langsung oleh Kompas TV dan TVRI. 

Debat pilgub ini akan berlangsung selama tiga kali. Bila debat pertama berlangsung di Graha Unesa maka Debat II  akan diadakan pada tgl 3 November 2024 di DBL, Jl. Ahmad Yani 88 Surabaya. Stasiun JTV dan CNN Indonesia akan menyiarkannya secara live.

Sedangkan Debat III akan disiarkan langsung oleh Metro TV dan TV One bertempat di Grand City Surabaya pada 18 November 2024.

Semoga acara debat nanti bisa berjalan lancar dan Semoga Jawa Timur mendapatkan pemimpin terbaik yang amanah memimpin Jawa Timur. Pilgub Jatim 2024 Seneng Bareng!


Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td