SOSIALISASI PILKADA OLEH KPU JATIM

Minggu, 18 Agustus 2024


Bertempat di Soto Kudus jl. Gayungsari Surabaya, pada tanggal 16 Agustus 2024 KPU JATIM mengadakan sosialisasi pilkada 2024 dengan mengundang para jurnalis dan blogger.

Dalam kesempatan kali ini, Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur mengadakan sosialisasi mengenai persiapan penyelenggaraan Pilkada tahun 2024 ini. Diharapkan selain memberikan informasi mengenai Pilkada, para jurnalis dan blogger juga bisa ikut memotivasi masyatakat agar berperan serta dalam pilkada dengan memberikan hak suaranya untuk memilih.

Media Gathering dengan tema "Sinergi Jurnalis Dalam Sosialisasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur tahun 2024 ini menghadirkan 4 orang narasumber yaitu : 

1. Bapak Aang Kunaifi, Ketua KPU Jatim, 

2. Bapak Nur Salam, anggota KPU Jawa Timur divisi Sosdiklih Parmas (Sosialisasi Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Hubungan Masyarakat)

3. Bapak Choirul Umam, anggota KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan, dan Bapak 

4. Popong Anjarseno, Kepala Bagian Hukum dan Sumber Daya Manusia KPU Jatim.

Bapak Aang Kunaifi menyampaikan bahwa dengan makin banyak informasi tentang tahapan Pilkada dan juga Pilgub Jawa Timur 2024, diharapkan akan semakin meningkatkan angka partisipasi masyarakat Jatim untuk memilih.


Sedangkan Narasumber kedua Bapak Nur Salam menyampaikan tentang penurunan Daftar Pemilih Sementara Pilgub Jatim ini. dimana total jumlah daftar pemilih adalah sebanyak 31,3 juta, mengalami penurunan sebesar 66.894 setelah dilakukan pencocokam dan penelitian oleh petugas pantarlih.

Ada beberapa faktor penyebab penurunan ini antara lain karena ada yang meninggal dan juga karena banyak warga yang bukan warga jatim atau tidak memiliki identitas KTP Jatim walaupun tinggal di Jawa Timur sehingga tidak bisa didata. 

Sedangkan Bapak Choirul Umam sebagai Anggota KPU Jatim Divisi Teknis Penyelenggaraan menjelaskan mengenai pendaftaran pasangan calon Kepala Daerah yang akan diselenggarakan pada tanggal 27 sampai 29 Agustus 2024. 


MASKOT PILKADA

Dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat Jawa Timur untuk memilih maka salah satu caranya adalah setiap kabupaten harus memiliki maskot. Masing-masing Kabupaten juga harus memperkenalkan Maskot ini kepada masyarakatnya. 

Sedangkan Maskot Pilgub Jatim adalah SIJALIH yang artinya Jatim Memilih. Maskot Pilgub ini dikirab di seluruh wilayah Jawa Timur, yaitu akan dilakukan di 38 Kabupaten se-Jawa Timur. Diharapkan setiap daerah menyambut kedatangan SiJalih dengan acara yang meriah. Selain untuk memperkenalkan maskot tersebut juga meningkatkan motivasi memilih setiap warga. Kirab Maskot ini dibagi menjadi dua jalur yaitu diawali dari kabupaten Pacitan dan kabupaten Sumenep yang akan berakhir di Kota Surabaya pada tanggal 12 Oktober 2024.



RUMAH SAKIT TERPILIH

Seorang calon kepala daerah tentulah harus sehat secara fisik dan mental. Oleh karena itu KPU Jatim juga mempersiapkan rumah sakit sebagai tempat pemeriksaan kesehatan bagi para pasangan calon kepada daerah dan wakilnya dan pasangan calon gubernur dan wakilnya.

Ada tiga rumah sakit yang terpilih menjadi calon tempat pemeriksaan kesehatan tersebut, tetapi akhirnya yang ditunjuk adalah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Soetomo Surabaya.

Ayo kita sukseskan Pilkada Jatim kali ini dengan menggunakan hak pilih kita sebaik-baiknya. Jangan golput yaa..




Posting Komentar

Tengkyu udah blog walking here and nyempetin comment yaa...


Hakuna Matata
@trianadewi_td